Halaman

Jumat, 28 Oktober 2016

SAHABAT, dengarkanlah sejenak...

Diriwayatkan bahwa apabila penghuni surga telah masuk ke dalam surga, lalu mereka tidak menemukan sahabat mereka yang selalu bersama mereka di dunia.

Mereka bertanya kepada Allah Ta'ala tentang sahabat mereka, "Ya Rabb, kami tidak melihat sahabat-sahabat kami sewaktu di dunia (yang) shalat bersama kami, puasa bersama kami, dan berjuang bersama kami."

Maka Allah Ta'ala berfirman: "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarrah." (HR. Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd")


Al-Hasan Al-Bashri berkata, "Perbanyaklah sahabat-sahabat mu'min mu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari kiamat."

Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada sahabat-sahabatnya sambil menangis, "Jika kalian tidak menemukan aku nanti di surga bersama kalian maka tolonglah bertanya Allah Ta'ala tentang aku: 'Wahai Rabb kami... hamba-Mu fulan sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau... maka masukkanlah dia bersama kami di surga-Mu.'"

1 komentar:

  1. Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarrah." Bukankah Allah yg mengatakan syafaat itu ada juga diakhirat?

    BalasHapus